Instalasi Windows XP pada Compaq V3000 series khususnya V3837TU

Untuk yang kesekian kalinya, saya diminta teman untuk melakukan instalasi windows XP pada compaq presario v3837TU. Setiap kali install selalu memunculkan masalah yang sama, yaitu sound. Untungnya sekarang sudah selesai dengan baik dan benar.

(( >>> HP Compaq presario v3837 merupakan produc presario v3000 yang hardisknya menggunakan SATA. Kebetulan saya juga menggunakan laptop versi ini. jadi sekalian buat dokumentasi nya bagaimana cara install windows xp di compaq presario v3837. rekan rekan pengguna laptop ini pasti mengalami hal yang sama yaitu tidak terdeteksi nya harddisk saat install xp. Hal ini dikarenakan driver SATA belum include di cd xp tersebut.
Lantas bagaimana solusi dalam hal ini ? Salah satu solusi nya adalah kita membuat iso xp baru dengan memasukkan driver sata nya terlebih dahulu.. bingung ya ?..gampang kok ga ada susah nya ) . jadi intinya adalah kita extract dulu cd win xp terus dengan menggunakan Nlite kita masukkan driver sata tersebut, kemudian make new iso..
Next, burning di cd menggunakan Nero.. jadi dehh ;) <<<< ini saya ambil dari ilmu komputer.com

Disini saya cuman mau berbagi dengan teman-teman, menambahkan beberapa driver terutama masalah sound, modem, wifi dan lain-lain.

1. Langkah pertama yang biasa saya lakukan setelah menyelesaikan instalasi windows XP adalah dengan melakukan instalasi chipset. File ini bisa didapat di:

http://www.4shared.com/file/78213726/d4d7336c/Intel.html

Biasakan untuk melakukan restart setelah melakukan instalasi hardware agar tidak terjadi crash pada saat pemakaian.

2. Install VGA driver.

http://downloadmirror.intel.com/13301/a08/win2k_xp1429.zip

3. Instal Microsoft UAA Bus Driver. File ini digunakan untuk instalasi driver sound HDA dan modem HDA. File ini bisa didapat di:

ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp33501-34000/sp33867.exe atau

ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp32501-33000/sp32646.exe

Biasanya, setelah melakukan instalasi file diatas akan diminta restart, kemudian muncul sedikit permasalahan. Silahkan masuk ke device manager dan perhatikan pada bagian system device. Disitu akan muncul PCI device dengan tanda seru. Hapus PCI Device ini, dan lakukan kembali scan for hardware changes. Secara otomatis akan muncul found new hardware. Nah, pada bagian ini akan muncul “Audio device on High Definition Audio Bus”, dan Modem device. Tinggalkan bagian ini dan lanjutkan dengan bagian nomer 4.

4. Download driver sound di:

http://www.4shared.com/file/78205074/5aeac6ec/ConexantHDAudio_221_XP.html
(cari file ini aga lumayan suuuliiitt, tapi dengan keteguhan akhirnya dapet juga, :))

Extrak file diatas dan jalankan file setup.exe yang terdapat pada folder XP32.

5. Untuk modem driver bisa menggunakan driver win vista, dan bisa diunduh di:

ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp37501-38000/sp37817.exe

Double klik file diatas, dan ikuti perintah selanjutnya. Otomatis akan terinstal dengan aik modem driver.

6. Untuk quick launch button, bisa di download di

ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp40001-40500/sp40139.exe

7. Lan atau ethernet card yang dipakai pada tipe ini adalah Marvel Yukon. Silahan di download di:

http://www.4shared.com/file/78206731/59164e0c/yk51x86_v10612_inbuild.html

7. Untuk wifi, menggunakan broadcom.

ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp37501-38000/sp37950.exe

8. Media card reader

ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp32501-33000/sp32825.exe

9. HP integrated modul:

ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp34001-34500/sp34264.exe

10. Selesai.

Semoga artikel diatas dapat membantu teman-teman yang kesulitan untuk instalasi windows xp di compaq v3837TU. Ternyata tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi didunia. Jangan lupa memberi tahu apabila ada dead link. Bila ada nanti akan segera saya ganti dengan link yang baru.

Salam

42 Tanggapan

  1. Makasih Bro….sangat bermanfaat sekali..Thanx

  2. sama-sama, bro. Semoga lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat dari blog ini

  3. semuanya bisa diinstall dengan baik kecuali untuk sound dan modemnya. saya udah lakukan step by step seperti yg disebutkan tapi sound dan modem blm berhasil. tidak trerdeteksi :(…. tlg dibantu 😦

  4. awal mula saya install, juga mengalami permasalahan yang sama. Di device manager terdeteksi seperti apa ? PCI device yang masih belum dikenali, atau modem dan soundcardnya ?

  5. seep thank u bos…..

    wish u alll the best

  6. sama-sama, dan terima kasih atas kunjungannya

  7. boss thanks ya saya dah ikutin instruksinya dan dah ok tapi ada satu driver yang masih engga ngedeteck yaitu sm bus controler pake driver yang mana ya?

    best regards

    Jujun

  8. untuk sm bus controller, sebenarnya driver yang dibutuhkan nomor 1, saya sarankan coba download versi terbaru chipset intel di website compaq.

  9. Bos, saya masih punya masalah dengan soundcard nya, di device manager dia masih kebaca sebagai PCI Device yang belum dikenali, itu solusinya bagaimana ya..? Thanks sebelumnya, kalau yang lain sih udah alan, kecuali Sound sama Modem.

  10. kalau sudah mendownload file yang nomor 3, dan sudah terdeteksi sebagai PCI Device, sebenarnya sudah benar. Sekarang hapus saja PCI Device itu lewat device manager, kemudian lakukan “scan for hardware changes”. Perintah ini bisa dilakukan dengan “mengklik” kanan pada device manager. Semoga bisa membantu

  11. Sama aja bos, aku sudah hapus, dan muncul lagi PCI Device yang tidak dikenali. Pas saya install Driver Soundnya dianya tidak mengenai device nya………. Gimana tu bos?

  12. sebenarnya klo yang muncul PCI Device, ada masalah dengan Microsoft UAA Bus Driver. Silahkan download update terbaru dari microsoft UAA Bus Driver di website microsoft. Posisi ada di Kota Mana ? Klo di surabaya, bisa dibawa ketempat saya, nanti saya bantu menyelesaikan masalahnya.

  13. Terima kasih, sangat-sangat membantu. Bangsa ini memang perlu orang-orang seperti Anda.

  14. mas klo saya masalahnya di webcamnya mas gimana yach?

  15. setelah saya menginstall, saya cek di device manager koq masih ada 1 divice/hardware yang blum dikenali, saya curiganya sih webcamnya,…bisa kasi solusi gk? saya nginstall semua driver dari cd wkt pertama kali beli,… tapi pas mau nginstall webcam gk bisa,…. thx for answer

  16. Install sukses dengan ganjalan :
    internal speaker tidak mengeluarkan suara. cuma kalo saya tancep headset, suaranya keluar ( lewat headset tsb )
    tapi sama sekali ga keluar suara apa – apa dari internal speaker 😦

  17. sy ada masalah jg nih di v3837TU. ada driver yang ga dapet. 1. HP integrated module. 2 Unknow device 3. jika saya masukin flashdisk, selalu gagal menginstal driver generic volume. tapi tetap bisa membaca flashdisk. gmn solusinya mas?

  18. tengkyu veri much

  19. Thx berats ya bror…… ur tha best lah sob……

  20. β€œAudio device on High Definition Audio Bus”, dan Modem device. dak muncul2, gemana?

  21. bos tanya kalu Compaq v3000 ngak bisa dipakai untuk presentasi,tampil ke LCD, itu masalahnya dimana?
    mohon infonya
    terima kasih
    ^>^

  22. hatur nuhun boss…. sangat sangat membantu.
    salam.

  23. saya ada masalah ketika mo tambah modem di v3738tu. ketika mo pilih port yang mo diapake… ko malah gda list-nya ya… bisa bantukah ??

    tx

  24. wah sangat membantu..dari kemaren2 saya download driver2nya yang d HPnya ga berhasil….tapi sekarang udah ga butek lagi makasih mas…klo di ibaratkan rating film atikel ini juga pasti dapat two thumbs up!!!hihihi..recomended banget..

  25. oh ya mas chandra satu lagi, kalo driver webcamnya ada ga?? klo ada minta link-nya…terima kasih!!!

  26. pak. Saya baru install fresh windows XP sp2 (bukan dari cd compaqnya) di V3430TU

    Skarang itu laptop gak bisa diapa2in. Wirelessnya gak keliatan, konek pake LAN jg ga bisa, denger audio jg ga bisa.

    Apa bisa juga saya pake drivers2 dan langkah2 diartikel bapak untuk tipe laptop saya ?

    Untuk synaptics touchpadnya, linknya yang mana ya ? Trimakasih

  27. Terimakasih, Ndra…
    Jualan saya jadi lancar….. semoga anda sukses selalu…..

  28. thanks y ok driver’y

  29. gan V3837tu kalo di instal windows 7 bisa gak? drivernya kompatibel?

  30. mas tinggal di surabaya mana q mo mnta bantu instal v300 3736tu soundnya ga bisa da q coba, udah detect conexiant****tapi ga mo bunyi

  31. saya tinggal di jetis kulon 1 no 51 surabaya, telp (031) 70567919, (031) 8292018. Klo sudah ke detect, dan sudah muncul connexant, masuk ke device manager lagi, trus hapus soundcardnya dulu. Kemudian lakukan lagi
    “scan for hardware changes”. Insya Allah bisa membantu

  32. mas aku udah install yg bus drver HDA sama connexant tapi ga bisa bunyi juga? terus aku udah coba cari2 “PCI device” di system device tapi ga ada? aku cuma nemuin “PCI bus” tapi ga ada tanda seru jadi aku ga berani hapus.
    kira2 ini harus digimanain ya mas? aku baru coba install yg sp32646.exe, tapi yg 1 lagi belum. apa aku harus install yg 1 lagi?
    aku pusing banget ini daritadi ngotak-ngatik >.<
    thx before mas.

  33. Mas, saya sering bermasalah di driver VGA. Setiap kali install selalu muncul ” This Computer does not meet the minimum requirments for installing the software.”
    Bisa dibantu ga mmas solusinya….???

    Makasih mas…^_^

  34. manteb bro,,
    berjam-jam pusing ma sound nya, akhirnya dapet di sini.. πŸ˜€

    god bless you.. hatur nuhun pisan… πŸ™‚

  35. bro,, cara masukin driver satanya ke cd windows gimana bro?? apa perlu driver sata yang spesifik?? minta dunk linknya..

    thanks.

  36. bro lan saya tetep ngk bs knp ya,mohon pencerahannya….tq bantuannya?

  37. thaks gan

  38. BRO…LINK U/ ETHERNET NYA UDAH MATI TLG DICARI DONG LINK YANG LAINNYA U/ V3837TU

  39. Maturnuhun, thank you, arigato,,, πŸ™‚

  40. mas aku coba intall driver, untuk yang Audio device for high definition Audio Bus, tapi enggak bisa bisa, dan systemnya minta CD UAA Function Driver, nah itu saya enggak punya. saya menggunakan win xp sp2, mohon pencerahan, terima kasih

  41. suwun mas brow ,lagi galau neh gara2 soundcard…..

Tinggalkan komentar